Filmmaker Profession Support (FPS) itu Apa?

0
25

FILMMAKER PROFESSION SUPPORT (FPS)

FPS adalah sebuah program workshop pengembangan bakat intelektual dan praktis berjangka menengah yang melingkupi seluruh profesi departemen umum utama dalam produksi film. Tujuan utama program ini adalah untuk membina peserta didik agar siap kerja di industri baik sebagai kru, atau sebagai konseptor/showrunner/filmmaker. Para pesertanya adalah mahasiswa, baik dari sekolah film dan non sekolah film, serta masyarakat umum yang belajar film secara otodidak.

Mondi sudah menyelenggarakan dua edisi FPS pada tahun 2021 dan 2022 dengan format yang terus berkembang. Pada FPS 2021, fokus utamanya adalah untuk menjadi pilot project sebuah workshop komprehensif intensif yang banyak diikuti oleh member-member internal Mondi sendiri sebagai pesertanya. Kemudian FPS 2022 berjalan dengan inovasi yang cukup signifikan, dimana Mondi membuka kolaborasi dengan PUSBISINDO untuk kelas-kelas yang bisa diikuti oleh kawan tuli dalam rangka menguatkan fondasi inklusivitas ekosistem perfilman Indonesia.

Pada tahun 2023, Mondi melakukan hiatus untuk program FPS 2024 karena tengah menjalani restrukturisasi per lima tahun. Restrukturisasi ini dilakukan sebagai regenerasi dan untuk menjamin bahwa MondiBlanc tetap relevan dengan kondisi dan situasi industri yang sangat cepat berubah. 

Oleh karena itu, sebagai bentuk komitmen dan pengabdian dalam industri perfilman Indonesia, pada tahun 2024 ini MondiBlanc Film Workshop telah ajeg untuk menyelenggarakan kembali program FPS dengan format-format yang konsisten, relevan dan mutakhir.

FILMMAKER PROFESSION SUPPORT 2024

Seperti dua edisi sebelumnya, FPS 2024 juga hadir untuk mengatasi masalah industri film; mendidik secara bisnis, teknis, dan etika kerja yang aplikatif untuk berkarir.

TUJUAN UTAMA

  • Menyiapkan tenaga kerja film yang sangat dibutuhkan oleh industri film Indonesia. 
  • Memberikan wadah edukasi dan praktis yang menghasilkan portofolio profesional untuk para peserta.
  • Mengembalikan momentum FPS sebagai program unggulan reguler MondiBlanc yang original.

PORTOFOLIO

Peserta akan mendapatkan materi pengembangan ide dan kemampuan dasar, serta menghasilkan portofolio dalam bentuk POC (proof of concept). 

Proyeksi dari penyelenggaraan FPS 2024 ini akan menghasilkan 3 produk audio-visual sebagai POC (proof of concept) proyek yang lebih besar (bisa berupa film atau video) yang dikerjakan secara kolektif.

SHARE
MondiBlanc adalah workshop film non profit berbasis produksi. Semua post yang dibuat oleh admin adalah official statement, atau berita-berita, atau partnership post dan merupakan tanggung jawab tim pengurus MondiBlanc.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here