Kode Etik MondiBlanc

Berikut adalah kode etik dan nilai-nilai yang harus diikuti untuk menjaga lingkungan pembelajaran dan profesionalitas kerja di Mondiblanc Film Workshop.

  • Mencipta –  Kami berharap setiap peserta selalu kreatif dalam membuat karya dan menyiasati setiap kelemahan. Orisinalitas adalah ketidakmungkinan, Otentisitas adalah kewajiban–kami tidak melarang mencuri ide tapi kalau ketahuan, kami akan asingkan si plagiat.
  • Objektif –  Objektivitas dinilai dari peer review, konsultasi, dan feedback. Setiap peserta diharapkan untuk dapat memilih reviewer dan mengambil keputusan berdasarkan konsultasi yang objektif dari orang yang lebih ahli.
  • Non-eksklusif –   Mondi harus selalu berusaha inklusif dan tidak memandang suku, ras, agama, kepentingan, dan gender dalam berproduksi dan belajar. Kesempatan yang lebih besar akan selalu disediakan Mondi untuk mereka yang kurang beruntung.
  • Diskursus –   Setiap karya harus punya signifikansi sosial, politik, ekonomi untuk memajukan Indonesia secara umum dan industri film secara khusus.
  • Independen – Setiap pencipta di Mondiblanc harus selalu independen dalam mengembangkan ide tanpa pemaksaan, intimidasi, perundungan dan ancaman dari pihak-pihak lain.
  • Bertanggung Jawab – Setiap anggota dan peserta didik Mondi harus mendukung etika kerja yang sehat dan selalu menegakan sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku di Indonesia dan etika profesional ketenagakerjaan. Segala pelanggaran akan diselesaikan secara musyawarah, mufakat, atau melalui jalur pengadilan yang berlaku di NKRI.

  • Lanjutan – Setiap stakeholder, peserta, alumni dan member Mondi harus berpikir progresif dan berusaha untuk berkontribusi pada Indonesia dan Industri filmnya dengan mengembangkan karir mereka dan meneruskan semangat berbagi ilmu dan pengalaman kepada generasi selanjutnya.

  • Aktivisme – setiap stakeholder, peserta, alumni dan member Mondi harus pro-aktif membuat lingkungan yang lebih baik untuk dirinya sendiri dan orang-orang di masa depan melalui karya-karya dan perilaku yang sadar akan konsekuensi pada lingkungan, sosial dan politik.

  • Network – Dukungan secara moral, psikologis, sosial, politik dan finansial akan terus ada di Mondi untuk anggotanya yang membutuhkan.

  • Connect – Jaga silaturahmi dan hubungan baik dengan setiap anggota, lewati konflik yang pasti terjadi dengan logika dan mediasi yang imparsial.  

Pelanggaran kode etik ini bisa berakibat pada diputuskannya hubungan keanggotan hingga keikutsertaan pada program yang sedang berjalan. Jika diputuskan dari program, maka biaya yang sudah kamu bayarkan ke Mondi akan hangus.