Jakarta Short Film Gig

JAKARTA SHORT FILM GIG adalah program MondiBlanc yang berbentuk temu wicara dan pemutaran film-film pendek dari filmmaker-filmmaker muda Jakarta, sebagai ajang silaturahmi dan perkenalan antar sesama filmmaker dan publik lokal Jakarta.

 

Film-film yang diputar dipilih melalui jalur referensi komunitas/kampus dan kurasi panitia, dan bukan merupakan kompetisi atau festival. Setiap film yang direkomendasikan komunitas atau kampusnya, berhak untuk ikut dikurasi untuk selanjutnya diatur berdasarkan tema bulanan.

Jalur non-kompetisi/festival ini terhitung jarang di Jakarta—kalaupun ada bentuknya masih terbatas secara internal komunitas atau kampus masing-masing. Diharapkan acara ini bisa membuka hubungan antar komunitas, juga menghadirkan diskusi yang dapat memajukan industri dan pendidikan film di Jakarta secara khusus, dan Indonesia secara umum.

SEDANG TAYANG SEKARANG

Saat sedang beristirahat karena lelah mencari Bima, Drupadi mendengar suara misterius yang membawanya ke tempat-tempat magis. Disanalah ia dituntun oleh mahluk-mahluk ajaib menuju Bima yang terjebak di alam gaib. Lewat perjalanan Drupadi, kita akan diajak menelusuri peran perempuan dan konsep aturan simbolik bersama Roufy Nasution (sutradara Barakabut), Sekar Sari (aktor film Siti), serta dimoderatori oleh Putri Ayudya.

Program-program JSG antara lain:

PANIC ROOM COVID-19

Di masa krisis virus Corona baru ini, JSG mengadakan pemutaran dan diskusi film-film khusus dalam sebuah program bernama Panic Room. Tujuannya untuk tetap merekatkan tali silaturahmi antara filmmaker film pendek, akademisi, dan para penonton. Semua demi membentuk dan mempertahankan sebuah ekosistem produksi film pendek yang hidup dan tetap berkembang di masa apapun.

Q&A , SESI DISKUSI PANIC ROOM

Sesi diskusi akan selalu diadakan di akhir pemutaran film pendek. Antara filmmaker, tamu pembicara, moderator dan penonton. Membicarakan tentang film itu sendiri dan isu-isu yang disampaikan dalam film.

Diskusi Panic room #0

Diskusi Panic room #1

LIVE EVENT

Live event rencananya akan dibuat setelah krisis Covid selesai. Awalnya acara ini harusnya dibuat akhir April 2020, namun terpaka diundur. Untuk mengetahui lebih jauh, silahkan download proposal acara di sini.